Minggu, 24 Juli 2011

BAKU TEMBAK PRAJURIT YONMARHANLAN V




July 22, 2011 11:09 AM by Admin TNI-AL 

Suasana malam yang hening desa Bandarejo, Kecamatan Kenjeran, Surabaya tiba-tiba mencekam. Menjelang tengah malam, desa yang berdekatan dengan Jembatan Suromadu itu, dikejutkan oleh suara rentetan senjata dari baku tembak antara ratusan Prajurit Yonmarhanlan V Surabaya dengan Musuh yang bersarang di daerah pantai desa Bandarejo.
Sekitar 1 SSK prajurit Yon Marhanlan V dengan persenjataan lengkap dan gagah berani  menyusup dan menghancurkan musuh yang yang sedang menjaga gudang amonisi senjata arteleri berat. Walaupun mendapat perlawanan sengit, Prajurit Marinir Yonmarhanlan V dapat melaksanakan tugas dengan cepat dan sukses.
Kejadian tersebut merupakan  bagian dari skenario latihan yang dilaksanakan oleh Yonmarhanlan V Surabaya. Sebanyak 2 SSK (Satuan Setingkat Kompi) personel Yonmarhanlan V Surabaya mengadakan latihan selama satu minggu di wilayah Daerah Basis Angkatan Laut (DBAL), Ujung dan sekitarnya. Latihan tersebut digelar siang dan malam mulai tanggal 13 s/d 20 Juli 2011 dan melibatkan 200 personel prajurit petarung Yonmarhanlan. Seluruh Prajurit  melaksanakan latihan dengan gembira, penuh semangat dan disiplin yang tinggi sebagai cermin seorang Prajurit Marinir.
Tujuan dilaksanakannya latihan ini  adalah untuk meningkatkan kemampuan teknis dan taktis tingkat Peleton sampai dengan Kompi yang ada di Yonmarhanlan V sehingga Yonmarhanlan V yang berada di bawah komando operasi Lantamal V akan selalu siap melaksanakan semua tugas yang diemban.
Materi yang dilaksanakan dalam latihan aspek darat ini antara lain serangan, pertahanan, patroli penyelidik, patroli tempur, penghadangan dan anti penghadangan, visual tracking serta Raid.
Komandan Yonmarhanlan V Mayor Marinir Ruslan Arief selaku Pimpinan Latihan selalu memberikan motivasi terhadap personel yang terlibat latihan. Kehadiran Komandan Yonmarhanlan V dalam setiap materi latihan yang dilaksanakan semakin membakar semangat berlatih prajurit Yonmarhanlan V. Seluruh peleton dan kompi bersaing untuk dapat melaksanakan latihan dengan sebaik-baiknya, karena bagi prajurit Yonmarhanlan V “Latihan adalah Kesejahteraan”.  (Dispen Lantamal V)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar