Minggu, 31 Juli 2011

TNI dan Kontingen Prancis Latihan Bersama di Lebanon


Minggu, 31 Juli 2011 - 12:55 WIB

TNI dan Kontingen Prancis Latihan Bersama di Lebanon ADSHIT AL QUSAYR (Pos Kota) – Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Yonif Mekanis Kontingen Garuda XXIII-E/UNIFIL atau Indonesian Battalion (Indobatt) menggelar latihan bersama dengan Kontingen Prancis (Force Commander Reserve/FCR) yang dipusatkan di lapangan Parade Soekarno, Markas Batalyon, UN POSN 7-1, Adshit Al Qusayr, Lebanon Selatan.
Latihan bersama yang berjuluk “Joint Rate Exercise Forward Command Post” tersebut, berlangsung selama 2 hari (29 – 30 Juli 2011). Kontingen Prancis yang bertindak selaku FCR mengerahkan satu unit Kavaleri dan 23 personel, di bawah pimpinan Komandan Unit Captain Bechard Erwan serta diikuti oleh 100 prajurit TNI yang merupakan perwakilan dari Kompi-Kompi maupun Markas Batalyon yang tergabung dalam Kontingen Garuda XXIII-E/UNIFIL.
Pada hari pertama dilaksanakan kegiatan briefing latihan, bertempat di ruang rapat Indobatt dipimpin oleh Kasiops Mayor Inf Hendriawan Senjaya, dilanjutkan dengan presentasi pengenalan persenjataan, ranpur dan peralatan tempur Kontingen Prancis yang akan digunakan dalam latihan. Presentasi terbagi dalam 5 kelompok yaitu kelompok 1 pengenalan ranpur VBCI buatan Renault, Prancis ; kelompok 2 pengenalan senjata anti tank “MILAN” buatan Jerman-Prancis ; kelompok 3 pengenalan senjata sniper anti personel dan anti tank ; kelompok 4 pengenalan Mortir MO-81 LLR F1 buatan Prancis dan kelompok 5 pengenalan teropong jenis JIMLR buatan Prancis.
Memasuki hari kedua, latihan penggelaran Forward Command Post yang disimulasikan seperti kondisi yang sebenarnya dengan sasaran pengamatan di sekitar Area Of Responsibility (AOR) Indobatt, terutama Hot Spot Kompi Alfa yang berada di El Addaisse berdekatan dengan perbatasan Israel-Lebanon. Latihan ini dihadiri oleh Komandan FCR Colonel R. de L’Estoile, Observer G 5 dari Irlandia Major Sullivan, Captain Elipe dari Spanyol dan Capten Simone dari Italia. Pendamping latihan dari Indobatt yaitu Wadan Indobatt Letkol Mar Harnoko (mewakili Komandan Indobat Letkol Inf Hendy Antariksa), Mayor Pasukan Banu Kusworo, Kapten Eko Budi Prasetyo dan Lettu Pnb Ageng Wahyudi.
Menurut Komandan FCR, tujuan latihan bersama ini adalah untuk mengecek kesiapsiagaan dalam penanggulangan masalah yang mungkin timbul di AOR Indobatt serta melaksanakan langkah-langkah antisipasi terhadap peningkatan eskalasi yang mungkin terjadi. Dalam latihan tersebut juga dilaksanakan uji prosedur bagaimana pelimpahan penanganan masalah dari BMR (Batalyon Mobile Reserve) kepada SMR (Sector Mobile Reserve) yang kemudian dilanjutkan kepada Force Commander Reserve (FCR).

Authentikasi:
Dansatgas Indobatt Konga XXIII-E/UNIFIL, Letkol Inf Hendy Antariksa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar