Sabtu, 09 Juli 2011

KAPAL PERANG TNI AL LATIHAN BERSAMA KAPAL INDUK AMERIKA


Tampak kapal perang TNI AL KRI Diponegoro-365, KRI Slamet Riyadi-352, serta HMAS Darwin-04 saat berlayar dibayangi helikopter dan pesawat dari Angkatan Laut Amerika Serikat yang bermarkas di kapal Induk USS George Washington saat berlayar di perairan ALKI-1 Indonesia. (Foto : Dispenal)
 

Unsur kapal perang TNI AL menggelar latihan bersama dengan unsur kapal induk Amerika Serikat USS George Washington dan kapal Australia saat berlayar di perairan ALKI-1 Indonesia, Kamis (7/7).
Keberadaan Kapal Induk USS George Washington adalah dalam rangka kegiatan TF 70 Battle Ships yang melintas di ALKI-1 yaitu perairan Indonesia dari arah Laut China Selatan ke arah Laut Natuna, Selat Karimata, Selat Sunda, serta Samudera Hindia. Kapal AS ini akan menuju Australia dalam rangka latihan dengan AL Australia.
 
Pada pelayaran tersebut, TNI AL berkesempatan melakukanlatihan bersama atau Passing Exercises (Passex)dengan unsur-unsur kapal perang Amerika Serikat. TNI AL mengerahkan KRI Diponegoro-365 dan KRI Slamet Riyadi-352, sedangkan AL Amerika Serikat mengerahkan USN Ship-73 (kapal induk USS George Washington), USN Ship- 54 (Fregatte), USN Ship-63 (Fregatte), dan HMAS Darwin-04.
 
Materi latihan dalam Passing Exercise ini meliputi Flash ex-Flaghoist, Manuver Tactical, Demonstrasi EOD oleh tim USN di USS George Washington, dan Officers Exchange/pertukaran Perwira, dimana TNI AL menempatkan 7 orang Perwiranya di kapal induk tersebut  hingga diperairan  Selat Sunda.Latihan ini disaksikan langsung oleh Wakasal Laksamana Madya TNI Marsetio, M.M, Wakil Asisten Operasi Kasal Laksamana Pertama TNI Ari Soedewo, S.E, serta Kepala Staf Armada Barat Laksamana Pertama TNI Herry Setianegara, S.Sos.,S.H.,M.M.

1 komentar: