Senin, 11 Juli 2011

Indonesia Sudah Mampu Memproduksi Rudal

TNI sudah menggunakan rudal dalam negeri


 

Pada Kamis 2 Juli 2009 pukul 09.00 dua tahun yang lalu, untuk kali pertamanya Indonesia sukses meluncurkan roket RX-420 di Garut, Jawa Barat. RX-420 adalah roket terbesar yang dibuat Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan).

Terobosan yang dibuat Lapan menerbitkan harapan Tentara Nasional Indonesia untuk meningkatkan performa alat utama sistem senjata (alutsista). Hasil uji coba roket itu tak hanya untuk kepentingan ilmiah, tapi juga militer, sebagai persiapan untuk membuat rudal penangkal.

Kebutuhan amunisi, termasuk rudal, bagi angkatan bersenjata, ujar Sagom, adalah sesuatu yang lumrah. Dijelaskan Sagom ada berbagai macam rudal, isiannya pun bermacam. "Ada beberapa yang sudah diproduksi [di dalam negeri], ada yang masih tahap uji coba," kata dia.

Ternyata, TNI sudah menggunakan rudal produksi dalam negeri. "Sudah lama. Lapan sudah mulai riset puluhan tahun,"

Seperti apa sudah buatan dalam negeri itu? "Hampir sama dengan yang kita beli di luar,"
Departemen Pertahanan sedang menghitung apakah senjata rudal yang berpangkal didarat itu lebih mahal dari pembelian kapal dan pesawat. "Sedang dipertimbangkan dari anggarannya. Apakah perlu rudal itu cukup sebagai penangkal, atau masih perlu kapal laut dan udara. Anggarannya dari Dephan,"

Sebelumnya, Menristek Kusmayanto Kadiman menyatakan, bahwa peluncuran roket, Kamis 2 Juli 2009 di Garut merupakan roket buatan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) terbesar di Indonesia, yang menggunakan bahan protelan terbesar dari roket-roket sebelumnya.daya jelajah roket RX 420 dapat mencapai 100 kilometer. "Bila melesat, 4 kali kecepatan suara,.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar